Saat Puasa tetap Segar Bugar dan Cantik

Saat Puasa tetap Cantik Segar dan Bugar , kayaknya harus nih yaa… Puasa tidak menghalangi kita untuk selalu tampil seperti pada saat kita tidak berpuasa, cantik dan segaaar. Kalau aktivitas sehari-hari dibarengi dengan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan sudah menjadi rutinitas yang selalu dijalani setiap tahun oleh umat Islam. Namun, urusan kecantikan saat menjalankan ibadah puasa seringkali terabaikan.

Ramadan telah datang. Ini saat yang tepat untuk melakukan refleksi diri dengan berdoa dan berpuasa. Meski harus berpuasa, bukan berarti Anda harus terlihat lesu, layu, dan tak bergairah. Berikut ini beberapa resep yang bisa membuat Anda tetap cantik dan segar selama menjalankan ibadah puasa.



    Biar tetap kelihatan cantik

Gunakan Moisturizer Supaya kulit wajah kelihatan segar gunakan moisturiser. Pada saat berpuasa, tubuh  kekurangan kandungan air sehingga kulit akan cenderung kering. Karena itu, gunakan pelembap wajah yang mengandung kadar air tinggi. Anda juga bisa menggunakan pelembap untuk kulit lebih kering khusus selama berpuasa.

♥ Water spray
Cara mudah lainnya untuk menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan water spray yang memberikan kandungan air pada wajah dan sangat menyegarkan.

Lip balm
Saat berpuasa, kita kadang memiliki masalah bibir kering sampai berkelupas dan pecah-pecah. Nah oleh karena itu, pastikan Anda selalu membawa lip balm yang melembapkan kemanapun Anda pergi. Oleskan setiap saat bibir Anda mulai terasa kering.

Eye roll on
Eye roll on mempunyai efek seperti mengoleskan es batu pada bawah mata sehingga menyegarkan dan membantu mengurangi efek mata sembap serta lingkaran hitam pada bawah mata.

 ♥ Body lotion
Pilihlah  body lotion yang mengandung ody shea butter, minyak almond, dan minyak zaitun bisa jadi pilihan. Karena tidak  hanya wajah, tubuh Anda pun akan mengalami kekeringan karena itu gunakan body lotion untuk kulit kering agar melembapkan.

Hand cream
Selain body lotion, gunakan juga hand cream untuk melembapkan tangan yang kering. Hand cream umumnya datang dalam kemasan kecil sehingga praktis dibawa kemana-mana.

Scrub
Lakukan ritual scrub atau eksfoliasi pada wajah dan tubuh karena kekeringan pada kulit akan membuat sel kulit mati cenderung lebih banyak dan menumpuk sehingga kulit terlihat kusam.

Shower
Gunakan air sedang atau hangat saat mandi di pagi hari karena air panas membuat kulit kering. Juga, batasi waktu mandi cukup selama 15 menit saja atau kurang.
    
Supaya tetap bugar saaat puasa

Menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur
Saat adzan magrib tiba, menyegerakan berbuka akan menghindari kita dari meningkatnya asam lambung. Sahur yang diakhirkan juga mampu menjaga ketahanan tubuh saat siang, karena  waktu untuk menahan lapar dahaga lebih pendek, sehingga tubuh kita tetap bugar.

Berbuka dengan kurma dan air putih.
Kandungan gizi buah kurma  hampir lengkap dengan komposisi seimbang. Karena Kurma mengandung Serat tinggi yang mampu mengikat kolesterol dan asam lambung, gula dalam kurma juga diserap cepat oleh tubuh pada 45-60 menit setelah dikonsumsikan. Sedangkan air putih membantu proses pelarutan racun dan pengeluarannya dari tubuh melalui urine.

Banyak makan buah dan sayur saat sahur
Sayur dan buah banyak mengandung serat yang mudah dicerna tubuh dan dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama saat puasa, karena gula dalam serat tidak mudah terurai.

Ikuti anjuran Rasul dengan aturan 1/3
Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk mengonsumsi 1/3 makanan, 1/3 cairan, dan menyisakan 1/3 ruang untuk udara. So jangan kenyang-kenyang kalau berbuka, bisa kepenuhan perut kita.

Tidur siang
Menyempatkan diri tidur siang sekitar 15 menit,  cukup untuk membuat tubuh kita segar kembali. Sempatkan diri  untuk tidur siang. Karena  baik untuk mengganti jam tidur yang kurang di malam hari. Kalau tidur siang terlalu lama membuat kita akan semakin lemas dan loyo.

Menghindari kopi dan minuman manis
Kopi menstimulasi tubuh untuk sering buang air kecil sehingga air dalam tubuh berkurang. Akibatnya kita akan dehidrasi dan lemas. Sedangkan minuman manis akan dicerna lebih cepat sehingga kita cepat merasa lapar. Kadang jika terlalu banyak mengkonsumsi kopi asam lambung kita akan naik.

Porsi  konsumsi Nasi yang pas
Jangan terlalu banyak karena membuat kita lemas. Juga, jangan terlalu sedikit sehingga kita kekurangan tenaga untuk beraktifitas pada siang hari.

Hindari tidur setelah sahur
Tidur setelah sahur akan menyebabkan perut kembung karena produksi asam lambung yang meningkat. Setelah makan sahur, tubuh mulai mencerna makanan. Nah… Aktivitas ini akan berat dilakukan tubuh jika kondisi tubuh tidur. Karena saat tidur, jantung memompa darah ke otak dan keseluruh tubuh. Sedangkan sesaat setelah sahur, tubuh juga harus memompa darah lebih cepat untuk mencerna makanan dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. So….Jika ingin tidur lagi, tunggulah 2-3 jam. Setelah sahur.

Olahraga ringan teratur
Makanan yang masuk dalam tubuh setelah sahur bisa menghasilkan energi optimal jika tubuh dilatih dengan olah raga. Teraturlah berjalan kaki 30 menit atau naik sepeda agar tubuh tetap bugar. Hindari olahraga beban kecuali pada malam hari. Supaya kita tetap sehat dan bugar saat puasa.

Ada berbagai cara supaya kita Saat Puasa tetap Cantik, Segar dan bugar , kita tinggal pilih mana diantaratrik dan cara yang sesuai buat kita. syukur Alkhamdulllah jika kita bisa memakai cara diatas. Selamat Berpuasa… Markhaban Yaa Ramadhan… semoga kita masih diberi umur panjang untuk bisa bertemu kembali dengan bulan Ramadhan tahun depan.

Related Post "Saat Puasa tetap Segar Bugar dan Cantik"

Yang membatalkan Puasa yang harus kita ketahui
Yang membatalkan Puasa yang harus kita ketahui,
Bacaan bilal Tarawih dan Doa Tarawih arab dan latin
Bacaan bilal Tarawih dan Doa Tarawih arab
Sholat Tarawih (Fadilah dan Pahala)
Sholat Tarawih (Fadilah dan Pahala) ada baiknya
Fidyah Puasa Ibu Hamil dan Menyusui
Fidyah Puasa Ibu Hamil dan Menyusui, terkadang