Puasa Diet yang paling aman

Puasa Diet yang paling aman. Dengan berpuasa dapat membantu proses diet, berpuasa diharapkan berat badan menjadi turun. Meski begitu, kita jangan sembarangan melakukan puasa sambil diet, kita harus mengatur strategi puasa sambil diet yang pas , sesuai dan aman.
Proses pembongkaran cadangan makanan seperti lemak viseral dan juga otot dalam tubuh, akan terjadi ketika kita sedang berpuasa. Ramadhan tiba, tidak ada salahnya kalau selain Puasa Karena ALLOH swt, kita juga dapat manfaat yang lain BERUPA DIET. Banyak Nilai PLUS kita dapat dalam puasa. Jika dihitung dalam 30 hari, bisa terjadi penurunan berat badan sampai beberapa kilogram. Normalnya dalam sebulan, tubuh bisa kehilangan berat badan 0,5 sampai 3 kg.  Lumayan bukan? Diperayaan IDUL FITRI kita bisa tampil seksi. SO….. jalani Ibadah Puasa dengan senang hati, jangan dianggap sebagai beban.

Reaksi akibat proses Adaptasi Tubuh
Dalam 10 hari pertama menjalani ibadah puasa kita akan mengalami perubahan pola makan, dan kemudian organ pencernaan mulai melakukan proses adaptasi. Adanya proses adaptasi ini dapat mempercepat metabolisme yang menyebabkan mudah menurunnya berat badan di 10 hari pertama. Ini dia yang kita tunggu berat badan kita mulai turun nih…. Tapi kita juga harus berhati-hati jangan sampai kita terlalu bersemangat, akhirnya lupa  mengontrol dan menjaga pola makan ketika sedang berbuka puasa. Perhatikan kecukupan asupan makanan yang diperlukan tubuh kita.
Wajib Sahur
Usahakan untuk  sahur ketika sudah mendekati waktu imsak, hal ini dilakukan supaya energi menjadi lebih awet tersimpan. Selain itu kita akan mendapat kesunahan jika makan sahur mendekati waktu imsak. Sebelum hidangan sahur disantap, usahakan terlebih dahulu meminum segelas minuman manis. Fungsinya, supaya selama berpuasa kebutuhan kandungan glukosa dapat terpenuhi. Kemudian, asuplah secukupnya sumber karbohidrat beserta lauk, sayur dan berbagai sumber protein dan lemak. Menurut teori, makanan yang cukup mengandung serat dan lemak, mampu bertahan hingga 5 sampai 6 jam jika dibandingkan dengan makanan yang tidak mengandung serat dan lemak.
Berbuka dengan Makanan Lembut dan minuman yang manis
Berbuka puasa diawali dengan menu makanan yang lembut dan minum yang manis-manis. Seperti kolak rumput laut. Beberapa penelitian sebelumnya, menunjukan bahwa roti panggang selai rumput lain lebih efektif menurunkan berat badan dari pada pergi ke gym. Hal ini dikarenakan rumput laut mampu membakar lemak dalam tubuh lebih cepat. Atau cukup dengan segelas teh manis yang hangat. Berbuka Puasa sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang keras. Perlu diingat bahwa organ pencernaan ketika berbuka puasa belum stabil.
Kita juga perlu menghindari beberapa makanan pedas, minuman yang bersoda serta makanan berat. Minuman bersoda menyebabkan perut menjadi sebah yang dapat memicu timbulnya gangguan pencernaan. Disamping itu, mengkonsumsi makanan berat menyebabkan pencernaan bekerja menjadi berat. Setelah setengah jam kemudian baru makan besar. atau Setelah Sholat Maghrib, baru kita mulai makan makanan yang berat.
Menu yang baik untuk mengawali berbuka puasa adalah dengan meminum yang manis, tidak mengandung es dan mengkonsumsi makanan ringan.
Dan perlu diingat juga, ketika mengkonsumsi makanan berat jangan terlalu dekat dengan waktu tidur karena bisa terjadi penumpukan sisa kalori. Ada baiknya segera dilakukan setelah mengkonsumsi makanan pembuka. kita juga dapat mempersiapkan menu sehat seperti buah potong atau jus buah antara waktu berbuka dan sahur.
Olahraga Ringan
Di bulan puasa kita tetap dapat berolahraga ringan seperti bersepeda statis dan jalan kaki. Namun setelah sahur sebaiknya jangan berolahraga, baiknya olahraga dilakukan sore hari sebelum buka puasa.
Hal ini akan menjaga tubuh supaya tetap segar dan bugar serta menjaga aliran darah.

Gunakan Moment Ramadhan tahun ini dengan hal-hal yang berguna dan tidak membuang kesempatan. Yang pertama kita niatkan Puasa Ramadhan karena Alloh swt, bukan karena diet atau yang lainnya.Tapi kita akan dapat bonus lain, berupa DIET AMAN. Puasa Diet yang paling aman semoga semakin menambah keyakinan dan keimanan kita pada sang pencipta. Jangan hanya menyambut saja, tapi tanpa melaksanakan ibadah puasanya. Kita sambut Ramadhan dengan suka cita sekaligus dengan menjalankan ibadah puasanya.

Related Post "Puasa Diet yang paling aman"

Uban Rambut dan cara Alami mengatasinya
Uban Rambut dan cara Alami mengatasinya seharusnya
Tips perawatan rambut muslimah berjilbab
Tips perawatan rambut muslimah berjilbab,  seharusnya kita
Merawat Mata Mulai dari (Bulu mata)
Merawat mata mulai dari (Bulu Mata )
Mengatasi jerawat secara alami
Mengatasi jerawat secara alami seharusnya menjadi pilihan