Pantangan makanan Untuk Ibu Hamil supaya sehat

Pantangan Makanan Ibu Hamil ternyata banyak juga yang harus kita ketahui. Tidak semua makanan  sehat dan bagus dikonsumsi  oleh ibu hamil. Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari atau jadi pantangannya. Dan sebaiknya jika para ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih jenis makanan yang sehat dan bagus untuk dirinya dan janinnya.
 
Bagi para ibu hamil tidak boleh makan asal enak dan kenyang, makanan yang dikonsumsi harus higienis. Pasalnya, janin dalam kandungan rentan terhadap bakteri. Daripada salah makan adabaiknya jika anda simak tentang apa saja yang menjadi pantangan makanan bagi ibu hamil, sperti dibawah ini yang dikutip dari okezone.

Pantangan Makanan Ibu Hamil

Pantangan makanan bagi ibu hamil yang harus diketahui, supaya ibu hamil dan bayi yang dikandungnya bisa sehat dan lahir selamat diantaranya :
  • Tauge. Para Ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi kecambah mentah dalam bentuk apapun, termasuk alfalfa dan semanggi lobak. Karena Bakteri yang terdapat dalam makanan tersebut bisa  masuk ke dalam biji sebelum kecambah mulai tumbuh dan kuman ini hampir tidak mungkin untuk dibersihkan. kalau anda hendak membeli makanan pastikan makanan yang tidak mengandung kecambah mentah. Memasak kubis sebaiknya dimasak sampai benar-benar matang.
  • Unggas tak segar. Cara memasak yang tepat dapat melindungi kebanyakan orang, tetapi bagi ibu hamil akan membuat lebih sulit untuk melawan infeksi. Karena Unggas mentah dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri.
  • Ikan rentan merkuri. Sebaiknya ibu hamil, menghindari ikan yang kemungkinan mengandung logam merkuri seperti todak, mackerel, dan  hiu. Karena logam ini dapat membahayakan perkembangan bayi dalam kandungan. Disarankan bagi ibu hamil untuk memilih ikan yang rendah merkuri, seperti ikan lele, salmon, dan tuna kalengan.
  • Buah atau sayur yang tidak dicuci bersih. Cucilah sayur dan buah sampai bersih dengan air mengalir. Karena Parasit toxoplasma dapat hidup pada buah dan sayuran meski sudah dicuci. Parasit tersebut menyebabkan penyakit yang disebut toksoplasmosis dan sangat berbahaya untuk bayi dalam kandungan. Gosok permukaan dengan sikat sayuran kecil. Potong bagian buah atau sayur yang tidak segar karena bakteri dapat tumbuh di sana. Jangan gunakan sabun atau pembersih lainnya.
  • Smoked seafood. Alangkah baiknya jika Ibu hamil menghindari makanan yang diproses melalui pengasapan karena rentan terhadap listeria. Misalnya salmon asap, ikan cod, tuna, atau mackerel.
  • Keju krim. Konsumsilah keju yang sudah Anda pastikan berlabel dipasteurisasi. Karena keju krim yang dibuat dengan susu yang tidak dipasteurisasi menjadi tempat bakteri Listeria, yang telah dikaitkan dengan keguguran, kelahiran prematur, dan kematian.
  • Daging setengah matang. Daging mentah atau kurang matang dapat menjadi pelabuhan toxoplasma dan berbagai bakteri. Pastikan daging yang anda konsumsi sudah matang.
  • Hati-hati jus segar. Sebaiknya anda konsumsi jus asli buatan rumahan daripada membeli produk pabrik. Karena jus produk pabrik mengandung gula tambahan.
  • Sushi. Walaupun makanan laut adalah sumber protein, namun makanan laut mentah bisa menjadi sumber parasit dan bakteri berbahaya. Akan lebih bijak jika anda memilih daging yang sudah dimasak matang secara menyeluruh.
  • Mayones. Ibu hamil sebaiknya menghindari makanan-makanan mentah, salah satunya mayones. Karena mayones adalah perpaduan dari telur mentah dan minyak yang dikocok rata.
  • Telur mentah. Mengkonsumsi makanan yang mengandung telur mentah harus dihindari karena mengandung salmonella. Seperti dressing salad atau berbagai jenis mayones lainnya.
  • Kafein. Kafein ternyata dapat menyebabkan keguguran terutama selama trimester pertama. Karena efek diuretik itu, asupan kafein menghilangkan cairan dari tubuh sehingga membuat lebih banyak kehilangan kalsium dan air. Apalagi bagi ibu hamil yang sensitif terhadap kafein bisa berhubungan dengan kelahiran prematur, keguguran, dan berat badan bayi sangat rendah.
  • Alkohol. Alkohol dalam jumlah berapapun tidak dianjurkan untuk ibu hamil.  Karena alkohol  dalam tubuh akan memengaruhi dan mengontaminasi perkembangan bayi dalam kandungan dan pada masa menyusui. Selain itu agama juga melarangnya.
Berikan yang terbaik untuk calon buah hati kita mulai sejak dini. Termasuk dalam urusan makanan yang diasup bayi kita ketika dalam kandungan. Semoga Pantangan Makanan Ibu Hamil diatas bisa bermanfaat. Baca juga info menarik tentang Makanan sehat Ibu Hamil.

Related Post "Pantangan makanan Untuk Ibu Hamil supaya sehat"

Perawatan bayi yang haid
Perawatan Bayi yang haid, sebenarnya sangatlah mudah.
Liburan Anak selingi dengan Belajar
Liburan Anak selingi dengan Belajar.  Setelah anak
Perawatan bayi baru Lahir sesuai ajaran ISLAM
Perawatan bayi baru Lahir sesuai ajaran ISLAM,
Makanan untuk Diabetes yang disarankan
Makanan untuk Diabetes yang disarankan wajib kita