MEngatasi Anak Hiperaktif super tepat dan lengkap

Mengatasi Anak Hiperaktif memang tidak semudah membalikkan telapak tangan kita. Butuh ketelatenan dan kesabaran yang extra untuk membuatnya menjadi tidak hiperaktif, dan bisa menjalani aktivitas sesuai umur dan massa perkembangannya.  Gangguan perkembangan anak ini biasa disebut ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Anak dengan ADHD, umumnya tidak bisa diam dan selalu gelisah. Ternyata gangguan hiperaktif ini bisa diatasi dengan menerapkan diet sehat.

Beberapa penelitian ilmiah yang sudah dilakukan, menyatakan bahwa untuk mengurangi gejala ADHD bisa diterapkan beberapa diet. Seperti yang dilansir WebMD, seorang pakar ADHD merekomendasikan cara diet ADHD yang benar. Berikut empat cara diet ADHD yang bisa diterapkan. Seperti yang dikutip dari detik.com berikut ini :


MEngatasi Anak Hiperaktif

 

 

Cobalah berikan makanan tinggi protein untuk mengurangi gangguan hiperaktif pada anak. Namun juga ada Tips mengatasi anak hiperaktif dengan perlakuan yang bisa mengurangi gangguan hiperaktif.
  1. Makanan Tinggi Protein. Berikan makanan tinggi protein saat sarapan pagi atau makanan selingan seperti  Kacang-kacangan, keju, telur dan daging. Supaya konsentrasi anak hiperaktif semakin bertambah di sekolah.  
  2. Kurangi pemberian kabohidrat sederhana. Batasi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, supaya gejala hiperaktif tidak meningkat. Makanan ini banyak terdapat pada sirup jagung, madu, gula dan permen. 
  3. Makan lebih banyak karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks terdapat pada ubi, pisang, kacang, kentang, nasi dan gandum . Makanan ini dapat sangat dianjurkan untuk diberikan di malam hari untuk membantu anak cepat pulas tidur. 
  4. Berikan asam lemak omega 3. Kandungan asam lemak bermanfaat sebagai suplemen alami untuk mengurangi risiko gangguan hiperaktif. Omega 3 banyak terdapat pada ikan tuna, salmon, walnut, minyak zaitun dan minyak canola.

 Sedangkan Tips mengatasi Anak Hiperaktif dengan perlakuan Khusus juga harus Anda coba, supaya lebih komplit. Jadi lewat Makanan Tinggi Protein dan lewat perlakuan /tindakan khusus.

  • Anak hiperaktif cenderung sulit berkonsentasi. Tidak bisa disuruh diam atau memperhatikan sesuatu dengan teliti. Konsentrasinya mudah terganggu oleh hal-hal yang dianggapnya lebih menarik. Anak-anak hiperaktif biasanya akan lebih mudah belajar apabila pengajaran dilakukan dengan cara kreatif dan sambil bermain.
  • Arahkan mental anak agar lebih tenang dan bisa mengendalikan diri. Anak hiperaktif sangat banyak gerak, juga cenderung kurang teliti, pelupa, tidak sabaran , emosional dan suka bicara atau bersikap kasar seperti ngambek, memukul, berteriak, dan lain sebagainya. Peran orang tua amat dibutuhkan dalam mengarahkan mental anak agar dapat menjadi lebih tenang dan bisa menjalani hari-harinya seperti anak seusianya. Tentu saja diperlukan kesabaran ekstra agar orang tua dapat mengatasi hal tersebut.
  • Jangan memberikan kekerasan atau memberi hukuman fisik. Seperti cubitan atau pukulan karena dikhawatirkan hal tersebut justru membawa dampak negatif bagi mental anak. Berikan anak hiperaktif dengan pujian saat dia mampu melakukan suatu hal atau tindakan positif. Hal tersebut selain melatih anak untuk menangkap empati dari orang-orang terdekat yang dicintainya, juga akan mendorong anak ke arah yang lebih baik dan positif.
  • Beri terus sugesti positif. Biasakan untuk mendongeng yang mengandung nasehat baik khususnya saat mau tidur, karena gelombang otak berada dalam keadaan tenang. Dongeng yang berisi nasihat baik adalah sugesti positif yang akan bereaksi jauh lebih efektif kepada perilaku anak dibandingkan dengan memberi hukuman atau omelan yang sudah pasti tidak akan didengarkannya.
  • Jalin dan Perbanyak komunikasi dengan anak. Jika pada anak normal kita cenderung berkomunikasi pada saat-saat tertentu, pada anak hiperaktif kita harus berkomunikasi sesering mungkin. (kalau perlu setiap satu menit) rangsang terus, jangan beri kesempatan anak untuk asyik dengan imajinasinya diri sendiri.
  • Terus ulangi pelajaran. Dalam mengajari anak hiperaktif, jangan bosan untuk terus menerus mengulang hal-hal yang dengan cepat dapat dipelajari dan diingat oleh anak normal.
  • Jangan sekali-kali memberi sebutan / melabel anak hiperaktif sebagai anak nakal, malas atau bodoh, karena akhirnya ia akan bersikap seperti yang dilabelkan padanya.
  • Hentikan pemberikan minuman dingin, gula,susu manis, dan snack yang mengandung pewarna makanan, dan bahan pengawet. Karena bisa menyebabkan agitasi.(agitasi adalah pancingan, hura-hura, dsb, yang disebabkan makanan tersebut menghasilakn energi berlebih yang malah semakin membuat anak makin hiperaktif)
  • Arahkan hobi dan kegemaran Anak . Gangguan kejiwaan anak hiperaktif biasanya terjadi pada usia 7 tahun ke bawah. Anak hiperaktif sebenarnya memiliki kecerdasan yang mengagumkan, namun orang tua yang sering tidak menyadarinya, karena terlalu cemas dan khawatir yang berlebihan .Arahkan kecerdasan dan hobinya, sehingga anak hiperaktif bisa menyalurkan keaktifan dan tenaganya pada hal yang tepat.
  • Bantu anak hiperaktif mengatur napasnya ketika anak ingin menenangkan diri, terutama jika anak marah. Suruh anak untuk mengambil napas dari hidung dan buang melalui mulut secara perlahan.
  • Hilangkan stresnya dengan membiarkan anak mandi busa /mandi air garam hangat.
  • Beri stimulasi fisik, dengan memberinya pijitan lembut. Sentuhan hangat yang akan membuat anak tau kalau Anda mencintainya, selain itu gerakan pijatan memiliki efek menenangkan.

Lengkapi perlengkapan aktivitas anak/mainan yang bisa membantu anak tenang. Misalnya teka-teki, cat, peralatan membuat perhiasan dan buku favoritnya. Sehingga anak bisa menggunakannya ketika anak ingin tenang. Berikan waktu untuk menampung energi ekstra, seperti lari berkeliling dan olahraga. Semoga sedikit tulisan mengenai Mengatasi Anak Hiperaktif diatas bisa memberikan semangat dan inspirasi untuk terus memberikan perhatian dan tidak lekas putus asa, menghadapi Anak yang hiperaktif. Tetap semangat salam manis selalu.

Related Post "MEngatasi Anak Hiperaktif super tepat dan lengkap"

Kecerdasan Anak perlu diasah sejak dini
Kecerdasan Anak  bisa diasah atau distimulasi sejak
Kasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Khasiat Bawang merah orang mengetahuinya mungkinĀ  hanya
Posisi Tidur yang Baik dan Bebas pegal
Posisi Tidur yang Baik sangatlah penting bagi