Manfaat Kurma bagi Kesehatan (Ibu Hamil)

Manfaat Kurma bagi kesehatan seharusnya  memang kita kupas lebih mendalam lagi. Soalnya buah kurma syarat akan gizi yang diperlukan tubuh kita untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Kandungan gizi dalam kurma bisa mencukupi kebutuhan harian tubuh kita soal gizi.
Taukah Anda kalau buah kurma yang biasa kita konsumsi itu ternyata bukan kurma asli? melainkan sudah berbentuk manisan. Kurma yang asli bukanlah bewarna hitam tetapi memiliki warna yang cerah. Buah kurma itu aslinya warna hijau, enggak ada buah kurma yang berwarna gelap. Buah kurma yang dijual di Indonesia telah melalui proses pengawetan. Hasilnya, bentuknya keriput. Jika diperhatikan bentuk dan ragamnya, buah kurma hampir sama dengan anggur. Meski begitu Buah Kurma yang biasa kita konsumsi tetap memiliki manfaat yang banyak, seperti dibawah ini yang dikutip dari okezone.

Manfaat Kurma

 

Kandungan vitamin penting dalam buah kurma :

  • vitamin A
  • tiamin
  • riboflavin
  • niasin
  • kalium dalam jumlah cukup banyak
  • zat besi
  • vitamin B1
  • asam nikotinat yang berfungsi membantu melepaskan energi, menjaga kulit, dan saraf agar tetap sehat dan penting untuk jantung.

Manfaat  Kurma bagi kesehatan Tubuh :

Menguatkan Sel-sel Usus
Kandungan serabut dalam Kurma kering berfungsi menguatkan sel-sel usus. Serabut dalam kurma bertugas mengontrol laju gerak usus.


Buah kurma yang direbus dapat memperlancar saluran kencing.

Kurma yang direbus mampu memperlancar saluran kencing. Kurma kaya akan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti kalsium dan potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengonsumsi protein.

Buah kurma dapat mencegah stroke

Menjaga Vitalitas tubuh 
Kurma mengandung karbohidrat dan serat cukup tinggi sehingga cukup menjaga vitalitas . Apabila banyak aktivitas yang harus dijalani hingga tubuh mudah lelah, solusinya dengan mengkonsumsi kurma. Buah kurma merupakan pilihan terbaik pengganti sayuran.


Cocok Untuk Penderita Diabetes
Kurma diserap lebih lambat oleh sistem pencernaan sehingga cocok untuk penderita diabetes.

Menenangkan Sel-sel saraf
Buah Kurma dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Beberapa buah kurma dianjurkan dikonsumsi pada pagi hari kepada ana-anak dan orang lanjut usia agar kondisi kejiwaannya menjadi tenang.

Membantu menyembuhkan Cidera
Kurma membantu menyembuhkan cidera  lebih cepat. Buah dari anggota jenis berry ini punya kandungan protein yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Membantu Mengurangi perut kembung
Kandungan vitamin A, B, dan C pada kurma dapat membantu kesehatan pencernaan karena mengurangi perut kembung.

Membantu memenuhi kebutuhan protein
Buah Kurma kaya akan protein sehingga membantu bagi yang suka melakukan kegiatan fisik atau olahraga karena mampu menjaga tingkat energi dalam tubuh. Protein membantu untuk mempertahankan massa otot, tetapi jaringan juga perbaikan dalam tubuh.

Manfaat Kurma bagi Ibu Hamil
Menguatkan Rahim

Tamr (kurma kering) juga berfungsi menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus serta menguatkan rahim, terutama ketika ibu melahirkan.

Mencegah Pendarahan Ketika Melahirkan
Kurma basah mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan katika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sebelum waktu hamil.

Mengontrol laju gerak rahim dan menambah massa sistolenya
Buah ruthab (kurma basah) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah massa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi).

Buah yang disarankan bagi Ibu hamil
Kurma matang kaya akan unsur kalsium dan besi. Makanya sangat dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil dan yang akan melahirkan karena akan memudahkan persalinan serta membantu keselamatan ibu dan bayinya. 

Membantu proses air susu Ibu dan sumsum bayi dalam kandungan
Kandungan Zat Besi dan kalsium pada buah kurma matang juga membantu proses pembentukan air susu ibu dan pembentukan darah serta tulang sumsum pada bayi dalam kandungan.

Buah Kurma yang masih segar seperti gambar diatas, jadi yang biasa kita konsumsi adalah kurma yang sudah diawetkan dalam bentuk manisan. Namun itu semua tidak lah menjadi soal. Karena kurma tetap menjadi buah istimewa tidak hanya dibulan Ramadhan dan dibulan Haji. Jadikanlah Buah Kurma sebagai pendamping buah istimewa lainnya, yang selalu tersedia di meja makan.

Perlu diketahui kalau jumlah kalori yang terkandung dalam kurma jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pisang maupun jeruk. Kurma juga mengandung vitamin B kompleks. Cukup dengan memakan lima atau enam buah kurma per hari, kebutuhan nutrisi pada tubuh  akan terpenuhi. Semoga manfaat kurma diatas bisa bermanfaat.

Related Post "Manfaat Kurma bagi Kesehatan (Ibu Hamil)"

Tips memutihkan wajah secara Alami dan Aman
Tips memutihkan wajah secara Alami dan Aman
Tips perawatan rambut muslimah berjilbab
Tips perawatan rambut muslimah berjilbab,  seharusnya kita
Makanan untuk Diabetes yang disarankan
Makanan untuk Diabetes yang disarankan wajib kita
Gejala Diabetes yang wajib diketahui
Gejala Diabetes yang wajib diketahui ada dua