Liburan Anak selingi dengan Belajar

Liburan Anak selingi dengan Belajar.  Setelah anak Bosan dengan kegiatan yang padat (belajar), maka anak akan merasa puas untuk bermain sehingga sering menghabiskan waktu libur untuk berwisata atau bermain bersama teman-temanya.
Sebagai orang tua kita harus berhati-hati untuk tidak terlalu memanjakan anak dengan luasnya waktu liburan. Berikan sesuai porsinya karna terlalu bayak bermain juga tidak baik untuknya. Anak akan menjadi malas dan melupakan tugasnya untuk belajar.
Ada cara yang efektif untuk menyisipkan belajar di sela-sela liburan anak, yang tidak mengangu aktivitas liburannya. Sehingga anak tidak merasa terkekang atau terganggu dalam liburannya.
 
  1. Isi Liburan dengan belajar Memasak
Menghadirkan keakraban bersama keluarga dan buah hati kita, dengan mengajari memasak. Sesekali mengajari anak memasak secara tidak langsung bisa jadi bekal kelak dewasa. Sekarang menjadi seorang Chef terkenal banyak diimpikan anak-anak. Bertambah lagi satu cita-cita anak, yaitu CHEF.  
  1. Berwisata ke toko buku
Selama liburan anak jangan dibiarkan terus menerus bermain karna hanya membuatnya terus menerus bermain, ajak sesekali ke toko buku biarkan anak memilih buku-buku yang dia senangi yang bukan pelajaran formal misalnya buku cerita-cerita santai yang mengandung makna-makna yang dapat diambil hikmahnya. tapi anda harus selektif memilih buku bacaan anak. Belakangan tersebar buku yang ditarik kembali karena tidak baik bagi perkembangan mental anak.
Kemudian luangkan untuk membaca bersama dan tanyakan isi buku tesebut dan bantu atau terangkan apabila anak anda kesulitan untuk membacanya.
  1. Menonton film bersama anak
Ajak anak anda nonton film baik di bioskop atau melihat CD atau VCD pilih film yang baik misal film kartoon yang sarat dengan nilai moral, terangkan pelajaran yang dapat dipetikt hikmahnya, disela-sela nonton bersama disinilah penting anda untuk mendampinginya.
Penting bagi anda untuk mendampingi anak anda nonton film atau TV setidaknya pastikan ia nonton tayangan yang baik dan pantas bagi anak seumurnya.
  1. Les ketrampilan
Ikutkan anak anda mengikuti ekrakulikuler sesuai bakat yang dipunyai yang sifatnya non formal, disana anak anda akan mendapatkan banyak teman baru, belajar hal-hal baru yang bukan pelajaran sekolah seperti melukis, berenang, menari, beladiri, menyanyi,dan lain-lain.
  1. Berwisata yang mendidik
Berlibur wisata di tempat bersejarah atau tempat pedesaan ini akan mudah kita mengenalkan tentang nilai sejarah dan nilai kebudayaan kepada anak kita`. Jangan biarkan anak kita berlibur dengan cara yang salah sehingga tidak mendapatkan apa-apa dalam masa liburanya. Berikan pelajaran berharga walupun dengan cara liburan yang sederhana misalnya latihan untuk kemandirian dan ketangguhan dengan jalan-jalan di pesaan bersama akan menjadi pengalaman berharga.   
Liburan akan semakin menyenangkan jika kita bisa menikmati dan terlebih kita bisa memberikan suasana yang berbeda. Yang terpenting disini kita harus punya Acuan atau MOTTO kalau perlu yaitu Liburan Anak selingi dengan Belajar”

Related Post "Liburan Anak selingi dengan Belajar"

Perawatan bayi yang haid
Perawatan Bayi yang haid, sebenarnya sangatlah mudah.
Perawatan bayi baru Lahir sesuai ajaran ISLAM
Perawatan bayi baru Lahir sesuai ajaran ISLAM,
Kecerdasan Anak perlu diasah sejak dini
Kecerdasan Anak  bisa diasah atau distimulasi sejak
MEngatasi Anak Hiperaktif super tepat dan lengkap
Mengatasi Anak Hiperaktif memang tidak semudah membalikkan