Anak Susah Makan ? Ini Solusinya I

Anak Susah Makan I, memang problema dalam proses pertumbuhan anak yang selalu muncul dan sangat merepotkan, bahkan membuat bunda menjadi khawatir yang berlebihan. Karena kesadaran bunda tentang makanan yang bergizi sangatlah tinggi, sehingga bunda akan merasa khawatir jika dalam pertumbuhan anak tidak tercukupi, hanya karena anak susah sekali kalau disuruh makan.

Bunda pasti tau makanan yang bergizi adalah hal terpenting dalam proses tumbuh kembang anak yang optimal. Bunda tau betapa pentingnya asupan makanan dan gizi bagi pertumbuhan dan perkembangan buah hatinya, sehingga bunda pasti memberikan menu makanan yang bernutrisi tinggi.



Namun kesulitan makan biasanya datang dari anak. Yang sering membuat khawatir bunda adalah kenyataannya anak cenderung lebih menyukai makanan siap saji atau junk food, makanan manis (permen dan coklat), atau makan camilan dalam kemasan yang gurih-gurih. Inilah yang menimbulkan istilah “gangguan makan.”

Gangguan makan atau anak yang susah makan dapat kita akali dengan trik jitu berikut ini :
 

  • Ajak Makan didepan TV. Selain itu,  Bunda dapat memberinya mainan atau menghiburnya. Dengan begini tanpa terasa sambil nonton TV yang mereka sukai, sesuap demi sesuap makanan yang kita suapkan pada anak akan masuk kemulutnya. Karena konsentrasi anak ke Acara TV, tanpa terasa anak mampu menghabiskan makanannya.
  • Bunda jangan mengeluh di depannya, Bila anak sulit makan, karena malah membuat anak melalukan hal tersebut berulang kali sebagai bentuk cari perhatian.
  • Pujilah anak jika menuruti perkataan Anda. Hal semacam ini akan membuat anak senang dan semakin menikmati makanannya.
  • Ajarkan anak disiplin saat makan. Sebelum makan, Bunda sebaiknya mengajak anak untuk mencuci tangan terlebih dulu. Kemudian, saat makan, anak harus duduk.
  • Beri jumlah makanan sedikit demi sedikit tapi sering. Membutuhkan ketelatenan kita untk terus memberinya makan sedikit demi sedikit.
  • Bunda jika menyuruh untuk makan sebaiknya dengan suara lemah lembut dan dengan pendekatan yang baik tanpa memaksa. Sehingga anak mau menuruti jika bunda suruh untuk makan.
  • Saat jam makan tiba tapi anak masih asyik bermain, jangan memintanya untuk berhenti secara mendadak. Perlahan giring anak untuk berhenti berrmain dan segera makan. Karena jika anak sedang asyik-asyiknya bermain, tiba-tiba kita menyuruhnya berhenti, anak akan marah dan kecewa. Bukan anak mau makan malah sebaliknya anak akan rewel.
  • Hadirkan suasana makan yang menyenangkan dengan pembicaraan yang menarik bagi anak, sehingga anak akan senang dan merasa kalau makan itu bukan hal yang menyiksa.
  •  Sajikan makanan-makanan sederhana, makanan yang mudah dikenali. Hidangkan  makanan yang dapat dipegang, misalnya kentang goreng, tempe dan sebagainya.
  • Sajikan dalam porsi kecil, khususnya makanan yang baru dikenal atau yang tidak disenanginya. Supaya anak tidak menolak jika bunda kenalkan dengan makanan baru.
  • Berikan tampilan yang menarik jika bunda mau menyajikan makanan. Mulai  dari bentuk, tekstur, warna dan rasa dari makanan. Misal, menghidangkan nasi goreng dengan diberi gambar wajah, mata yang terbuat dari tomat, bibir dari sosis dan hidung dari mentimun.
  • Libatkan anak untuk menentukan menu makanan yang akan dimakan. Dengan menanyakan pada anak makan apa hari ini nak? itu akan membuat anak menentukan pilihan sehingga anak merasa dihargai pendapatnya.
  • Variasikan menu makanan agar anak tidak bosan.

Banyak cara yang bisa bunda tempuh supaya anak tidak susah jika disuruh makan. Mungkin selain trik diatas, bunda mempunyai cara lain supaya anak bisa lebih lahap makannya, bunda bisa baca 7 trik Ampuh Atasi Anak Susah Makan II.  Semoga artikel Anak Susah Makan I diatas bermanfaat, selamat mencoba…

Related Post "Anak Susah Makan ? Ini Solusinya I"

Perawatan bayi yang haid
Perawatan Bayi yang haid, sebenarnya sangatlah mudah.
Liburan Anak selingi dengan Belajar
Liburan Anak selingi dengan Belajar.  Setelah anak
Perawatan bayi baru Lahir sesuai ajaran ISLAM
Perawatan bayi baru Lahir sesuai ajaran ISLAM,
Kecerdasan Anak perlu diasah sejak dini
Kecerdasan Anak  bisa diasah atau distimulasi sejak